Rabu, 17 Juli 2013

Galaxy Chat: Upgrade Jelly Bean Firmware & Rooting

Setelah sekian lama mondar-mandir di berbagai forum dan bongkar-bongkar lemarinya om Google, akhirnya pencarian pun berakhir sudah. Setelah ketemu di Droidevelopers. Solusi dari kenapa Galaxy Chat selalu gagal di-root, yaitu firmware ICS dari Samsung tidak mengizinkan device-nya untuk di-root.

Dengan meng-upgrade firmwarenya dari Android 4.0 ICS ke Android 4.1 Jelly Bean, maka Samsung Galaxy Chat kamu akan mudah untuk di-root. Ini sudah penulis buktikan dengan GalChat Penulis dan milik teman (karna untuk membuat tutorial ini).

Jelly Bean update firmware membawa pembaruan dengan perbaikan bug dan lebih hemat baterai. Anda dapat men-download firmware ini menggunakan Samsung Kies, atau jika Anda tidak dapat menemukan update, kami telah menyediakan tutorial lengkap di bawah ini.


Anda dapat dengan mudah memperbarui Galaxy Chat untuk 4.1.2 firmware resmi Android Jelly Bean menggunakan tutorial kami. Rooting perangkat Anda sehingga pemulihan (restore) ClockworkMod sama sekali tidak diperlukan.

Ketika Anda mempraktekkan artikel ini, kami akan memandu Anda melalui semua langkah cara menginstal Android 4.1.2 Jelly Bean firmware pada Galaxy Chat, hanya untuk memastikan bahwa Anda mengikuti bagian pra-syarat dasarnya karena akan membantu  untuk membuat backup/cadangan perangkat Android Anda.


Maaf buat para pembaca blog ini, dikarenakan sibuknya jadwal penulis baru sempat memposting artikel ini (mestinya sih 2 bulan lalu) dan belum sempat menjawab pertanyaan-pertanyaan dan komentar yang masuk. Sekali lagi mohon maaf.

Peringatan: Baik kami maupun pengembang akan tidak memegang tanggung jawab apapun jika GalChat Anda mengalami kerusakan atau malfungsi telepon dalam proses upgrade dan root. Oleh karena itu, lanjutkan dengan resiko anda sendiri.

Pra-syarat:

Langkah-langkah yang harus diambil sebelum memperbarui perangkat Anda:


Langkah 1:
Download Samsung Kies untuk driver GalChat Anda dan aplikasi backup kontak, SMS, aplikasi dan file-file penting Anda di sini.
Anda harus sepenuhnya mem-backup perangkat Android Anda sebelum memperbarui firmware. Backup semua SMS Anda, Backup / Ekspor Kontak, setting APN Backup. Tapi berdasarkan pengalaman tidak ada yang berubah atau hilang dari daftar kontak dan SMS.

Langkah 2:
Anda harus Backup semua aplikasi pada perangkat Anda, pengguna Unrooted dapat mengikuti prosedur metode ini untuk aplikasi backup. Jika Anda telah me-root perangkat Anda kemudian gunakan Titanium Backup dan mengembalikan aplikasi dan cache data. Sama dengan keadaan di atas aplikasi, setting dan password tidak ada yang hilang, cuma Anda harus jaga-jaga.

Langkah 3:
Anda harus mengaktifkan debugging USB pada perangkat Anda, untuk mengaktifkan USB Debug pergi ke "Pengaturan > Opsi pengembang" dan periksa debug kotak pilihan USB. Soal memungkinkan USB Debugging Anda dapat mengikuti artikel tentang Cara mengaktifkan debugging USB pada Jelly Bean, Ice Cream Sandwich dan Gingerbread.

Langkah 4:
Harus ada 50% atau lebih isi baterai pada perangkat Anda. Untuk mengetahui berapa banyak konsumsi daaya perangkat Anda memiliki Anda dapat menggunakan tutorial kami tentang cara untuk mendapatkan persentase baterai pada Status bar.

Langkah 5:

Anda harus menonaktifkan aplikasi keamanan dan program-program seperti Antivirus dan Firewall pada perangkat Android Anda karena dapat mengganggu prosedur.

Menjamin bahwa Anda telah mengikuti semua langkah yang disebutkan di atas, Anda bisa melangkah lebih jauh. Jika ada sesuatu yang mengkhawatirkan Anda beritahu kami, kami selalu di sini untuk Anda.

Unduh Odin, Kies dan Android 4.1.2 Resmi Firmware dari sini ke komputer Anda. Install Kies pada PC Anda sehingga memiliki semua driver yang diperlukan untuk ponsel Anda. Juga, install Odin di PC dan ekstrak download "Android 4.1.2 Firmware Resmi" file ke dalam folder ke desktop Anda.


Cara Update Samsung Galaxy Chatting dengan Android 4.1 Jelly Bean:

Langkah 1:
Buka Odin dan reboot ponsel Anda sehingga untuk memasukkannya dalam Download Mode. Untuk melakukannya, ketika ponsel Anda OFF, tekan dan tahan Volume Turun + Home + tombol daya bersama sampai layar berubah ON. Bila Anda melihat "Peringatan!" Layar kemudian tekan tombol Volume untuk masuk ke Mode Download Up.


Langkah 2:
Sekarang, menghubungkan ponsel Anda ke PC menggunakan kabel USB asli.


Langkah 3:
Pada koneksi sukses telepon Anda ke PC ID: Bagian COM di Odin akan berubah "Kuning" atau "Biru" yang berarti perangkat Anda telah diakui oleh PC.

Langkah 4:
Sekarang, klik "PIT" tombol di Odin dan kemudian pilih file "zanin.pit" dari komputer Anda yang telah didownload tadi. Jangan membuat perubahan lain dalam Odin. Hanya memastikan bahwa kotak centang Re-Partition tidak dipilih.
Langkah 5:
Sekarang, klik "PDA" tombol di Odin dan kemudian pilih "tar." File dari komputer Anda yang Anda punya setelah penggalian paket firmware download.


Langkah 6:
Sekarang, klik pada tombol "Start" dari Odin untuk memulai proses instalasi.

Langkah 7:
Proses instalasi akan memakan waktu sekitar 4-5 menit untuk berhasil menyelesaikan.
 

Langkah 8:
Segera setelah proses instalasi selesai telepon Anda akan reboot secara otomatis. Kemudian tutup Odin.

Berhasil............!!!! Anda telah berhasil diperbarui Samsung Galaxy Chatting dengan Android resmi 4.1.2 Jelly Bean.
Maaf gambar buram (maklum pake kamera GalChat)

Nah sekarang kita ke tahap root atau disebut juga pengakaran, untuk melakukan proses root Samsung Galaxy Ch@t GT-B5330, silahkan ikuti langkah di bawah ini :

Tutorial ini sudah ditest pada dua buah GalChat dan berhasil, jika terjadi sesuatu pada ponsel Anda mungkin terjadi karena kesalahan, itu adalah kelalaian Anda sendiri. Jadi diharapkan baca baik-baik tutorial di bawah ini, bila perlu dicatat untuk menghindari resiko kesalahan.

Langkah 1:
Persiapkan Samsung KIES yang telah Anda download.

Catatan: Ini adalah aplikasi untuk Driver wizard di komputer, jangan menggunakan Samsung USB DRIVER yang lain selain KIES  karena tidak mungkin bekerja pada Galchat dan komputer kamu”

Download file di bawah ini:

Galaxy_Chat_root.zip

Recovery.zip

GT-B5330 + PIT.rar

Langkah 2:
Ekstrak melalui komputer file  GT-B5330 + PIT.rar dan  recovery.zip

Pindahkan File Galaxy_Chat_root.zip ke SDcard/kartu memori di bagian luar folder. (Gunakan card rider/ kabel data usb)

Langkah 3:
Matikan total ponsel, kemudian hidupkan kembali ponsel ke MODE DOWNLOAD dengan cara menekan secara bersamaan Tombol Volume bawah, Tombol Home dan Tombol Power. biarkan ponsel tetap pada mode download, lanjut baca langkah 6. (Note: Tombol Home adalah tombol yang berlambang rumah di layar ponsel)

Langkah 4:
Kembali ke komputer kamu, klik dua kali atau jalankan KIES, lanjut dengan klik dua kali/ jalankan Odin.exe dari folder GT-B5330 + PIT yang sudah kamu ekstrak tadi  pada komputer.

Langkah 5:
Sekarang waktunya kamu hubungkan ponsel dengan komputer menggunakan  kabel data/USB, tunggu hingga Odin-3 mendeteksi ponsel kamu, tandanya ponsel sudah terdeteksi Odin di komputer adalah muncul tulisan ID;COM pada aplikasi ODIN.

Langkah 6:
Jika Odin sudah mendeteksi, Klik/Pilih tulisan PIT di Odin3 kemudian masukan/pilih file Zanin.pit pada folder GT-B5330-PIT yang kamu ekstrak tadi, kemudian klik/pilih tulisan  PDA pada aplikasi odin3, dan pilih Klik PDA kemudian masukan file recovery.tar.md5 dari folder recovery.zip yang kamu ekstrak tadi.

Tunggu hingga Odin selesai memeriksa md5sum

Langkah 7:
Klik  START, maka Odin akan mulai flashed, tunggu hingga selesai maka ponsel akan restart dan hidup secara otomatis, selesai. Cabut kabel data/usb.

Langkah 8:
Matikan ponsel dan hidupkan kembali pada Recovery mode dengan cara menekan secara bersamaan Tombol Volume Atas, Tombol Power dan Tombol Home.

Pilih Apply Update from SDcard (Gunakan tombol HOME untuk memilih), kemudian pilih Galaxy_Chat_root.zip
    
 

Tunggu hingga proses rooting selesai.



Pilih REBOOT NOW

Tunggu sampai ponsel hidup kembali, kemudian lihat di menu apakah ada aplikasi superuser yang lambangnya mirip superman? jika ada berarti ponsel kamu sudah selesai di-root.

Sekarang coba dengan aplikasi Root Checker dan lihat hasilnya seharusnya seperti pada gambar di bawah ini.
  


Selamat kini GalChat Anda telah di-root dengan sukses dan mulus, silahkan explore kemampuan GalChat Anda sesuai keinginan dan selera masing-masing.

Berbagi dengan kami jika Anda memiliki pertanyaan, kami di sini untuk membantu Anda selalu. Tolong share pengalaman Anda tentang pengalaman tutorial yang Agan sekalian praktekkan. Terima kasih

53 komentar:

  1. Balasan
    1. berhasil ya?
      itu aku kok pas apply updates . malah setelah pilih galaxy_root .zip .
      malah ada yang failed.
      kenapa ya?

      Hapus
    2. Ingat... jangan lewati langkah ke-6 proses rooting. Coba lagi semoga sukses!!!!

      Hapus
  2. gak berhasil bro tulisan mode recovery masih biru jadi gak bisa update di recovery mode

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perhatikan Langkah ke 6, file Zanin.pit jangan sampai tidak terupload. Coba lagi semoga sukses

      Hapus
  3. di saya nggak bsa bro ada pesan failed to mount bla bla bla
    mohon bantuanx bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya file Zanin.pit harus tetap dilampirkan. Ikuti tahapannya dengan dengan perlahan (Jangan terlalu bernafsu) saya jamin engga sampe 10 menit mas bro sudah bisa upgrade en rooting. Selamat mencoba kembali....

      Hapus
  4. failed ini brooo
    tulisannya can't open serial(COM) port

    BalasHapus
  5. udah ketemu bro
    koreksi sedikit tutorial di atas
    tidak usah membuka aplikasi KIES
    karena akan mengganggu pada kinerja odin nantinya
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin aplikasi KIES dan Odin mas bro konflik, tapi di laptop saya tidak terjadi hal itu. Mungkin ini terjadi karna ada aplikasi yang malfunction. Tapi thanks bro atas masukannya.

      Hapus
  6. ini say bru beli galchatnya,apa perlu dibackup juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pengalaman sebelumnya ngga perlu diback up, tapi kalo khawatir back up aja menggunakan KIES untuk daftar kontak dan aplikasinya. Semoga sukses me-root...!!!

      Hapus
  7. proses dari awal lancar, tp saat menjalankan Galaxy_Chat_root.zip keterangannya signature verivication failed.
    ada yg tau kenapa.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perhatikan Langkah ke 6, file Zanin.pit jangan sampai tidak terupload. Coba lagi semoga sukses

      Hapus
    2. gue juga sama nih pas proses Galaxy_Chat_root.zip ga bisa padahal odinnya udah dicek

      Hapus
  8. Balasan
    1. Extract file GT-B5330 + PIT.rar yang telah didownload, filenya ada di situ. Silahkan coba ulang...!!!

      Hapus
  9. udah berhari2 muter2 nyari cara root yg bener dan jelas, baru nemu ini. Thanks bro, segera saya cobain, sekarang tidur dulu, nyicil download filenya. Ntar malam praktek kalo sukses lapor deh :D
    TAPI kalo gak sukses, mohon pencerahan lebih lanjut.

    BalasHapus
  10. eh ya, Galaxy_Chat_root.zip yg dicopy ke sdCard gak usah diekstrak kan yak? trus ke memory HP atau bisa di mmc/ memory external?

    BalasHapus
  11. kaka mau tanya . ketika aku sudah mau apply updates from sd card.
    malah keluar tulisan E : signature verification failed. kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perhatikan Langkah ke 6, file Zanin.pit jangan sampai tidak terupload. Coba lagi semoga sukses

      Hapus
    2. di screenshot anda, re-partition tdk dicentang, tp zanin.pit diload. apakah benar stepnya?

      Hapus
    3. Benar Gan, re-partition tidak dicentang karna kita berharap settingan dan aplikasi tidak hilang atau berubah pada saat upgrade

      Hapus
  12. ijin re share gan
    saya cantumin sumber nya.
    and ada penyempurnaan dikiiiiiiiiit.
    heheheh
    arigatou... m(__ __)m

    BalasHapus
  13. Kalau tanpa proses root, apa bedanya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda di rasa dan garansi aja, sisanya tentukan sendiri Androidnya mau dijadikan apa ponsel biasa atau ponsel bikin pintar... :-)

      Hapus
    2. root oke saya sudah berhasil bung stlah itu saya instal custom rom 4.2.1 lewat rekorvery eh hasilnya sistemnya eror udah flash malash tetep aja dan gx normal ,dan malah di layarnya selalu ada tulisdan trus gmna cara memperbaikinya gan ni nomer hp ane 089661616991

      Hapus
  14. Ga bisa pada saat recoverynya padahal udah 4 kali di pc sukses tapi saat recovery warnanya tetep biru

    BalasHapus
  15. gan mau tnya waktu android ane lgi mode download trus ane conect'n ke PC tulisannya SAMSUNG Mobile USB CDC Composite Device Failed yak?? gmna tu... bngung ane pdhal udh ane ikutin ptunjuk & lngkah2 nya

    BalasHapus
  16. wktu ane mlai root pas ympe lngkah 8 pas d'sruh milih aply update from sd card ane blom smpet mncet home buat milih Galaxy_Chat_root.zip hp ane udh rebbot dluan jdi blom slsai, slusi nya gmna gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. udh BERHASIL Gan. . . Thanks Buat Tutorialnya. . . :)

      Hapus
  17. Gal chat saya dah diroot pas masih ICS,saya upgrade jadi JB malah Root hilang,saya coba root lagi seperti tutorial diatas g bisa bisa,gimana nih caranya. App Su tetep nongol dan g bisa dihapus,dah factori reset jga tetp ada. Mohon bantuanya

    BalasHapus
  18. masalahnya gak konek nih sama PC pas ngeroot, padahal klo buat transfer data/tethering mah bisa. ini ada kies aja gk konek gara2 malfunction. yg sukses tolong dong...gue pke winxp HE sp2

    BalasHapus
  19. thanks berhasil. tadinya gagal eksekusi mount failed from sd card. solusinya = pasang sd card external ts copykan file galaxy_chat_root.zip . ulangi lagi langkah no.8
    Sukses

    BalasHapus
  20. Resikonya apa nih gan kalo gagal?

    BalasHapus
  21. met mlm gan...
    ane mau numpang tanya nih..
    ane udh coba ngeroot galchat ane and hasilnya berhasil
    terus ane udh unroot jg hasilnya berhasil gan..
    nah yg jd pertanyaan ane,knp wktu ane unroot galchat ane kok CUSTOM BIN DOWN nya ga bisa '' 0 '' (nol) ya gan? ane udh coba pake triangle away jg ga berhasil..ane cm mau tanya cara supaya CUSTOM BIN DOWN nya '' 0 '' (nol) gmn ya gan...tolong PENCERAHAN nya gan..
    Thanks..

    BalasHapus
  22. sukses gan. thanks. udah lama cari tutorial ini. yang pake cf autoroot sllu gagal. bru cara ini sukses. thanks bwanget6

    BalasHapus
  23. Sobb kan cara root udah saya coba seperti ϑ¡ atas ,, udah kebaca pas ϑ¡ odin ,, tapi kok pas flash ϑ¡ odin nya FAIL terus ??? Mohon penjelasannya ,, apa harus nonaktifkan antivirus ϑ¡ pc untuk langkah root ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ulangi tahapan di atas, tidak perlu nonaktifkan anti virus.. Semoga berhasil

      Hapus
  24. Thanks banget ni sob , 4 jempol deh buat 4droid.blogspot.com
    very very nice , postingan anda mudah di pahami .. (tidak seperti postingan blog tetangga) salam android .

    BalasHapus
  25. root oke saya sudah berhasil bung stlah itu saya instal custom rom 4.2.1 lewat rekorvery eh hasilnya sistemnya eror gx bisa d flas dan gx normal ,dan malah di layarnya selalu ada tulisdan trus gmna cara memperbaikinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agan kena bootloop, coba masuk ke recovery mode untuk mereset cache and partition dan delete All Users, semoga membantu. Thanks

      Hapus
  26. ga bisa, sudah coba terus tapi tulisannya tetap biru

    BalasHapus
  27. GAN TANKS BANGET LO CAKEP TUTORIAL LO...SUKSES
    ANDY

    BalasHapus
  28. gan ko punya ane pas proses flashing'a diem ditulisan NAND WRITE START gan,itu kenapa yah. . .mohon pencerahan'a gan

    BalasHapus
  29. bro gini gue kan udah upgrade firmware ke 4.1.2 jelly bean.. lah sekarang gue mau root harus di mulai dari mana? soalnya masa mau di upgrade lagi orang udah jelly bean tapi firmware Indonesia bro??

    BalasHapus
  30. Joss,makasih gan
    Semoga berkah
    Ikuti youtube aku ya abg abg di Alen Arifka Official
    Makasih

    BalasHapus